Ingin Baterai Laptop Tahan Lama? Begini 5 Cara Merawatnya

December 9, 2021 By admin 0

Sama halnya dengan HP, laptop juga sangat rentan mengalami masalah baterai bocor apabila tidak digunakan dan dirawat dengan benar. Jika tidak, baterai akan cepat bocor dan penggunaan perangkat komputer jinjing itu tidak lagi bisa maksimal.

Lantas bagaimana caranya supaya baterai laptop tersebut bisa awet?

6 Cara Merawat Baterai Laptop

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kondisi perangkat tersebut, hanya perlu rutin dilakukan. Tapi, terkadang pengguna tak sadar karena terlalu intensif menggunakannya sepanjang hari.

Stop Charger Laptop Saat Sedang Digunakan

Tidak bisa dipungkiri, banyak pengguna takut kehabisan baterai laptop saat sedang digunakan. Alhasil mereka melakukan pengisian daya ketika alat tersebut masih dipakai untuk beraktivitas.

Hal itu, hanya akan mempercepat bocornya battery karena daya yang diisi ulang tak akan maksimal akibat tetap digunakan. Alat charger akan terus melakukan pengisian daya, sementara battery masih tetap bekerja optimal.

Minimalisir Tingkat Cerah Monitor

Ada orang yang terbiasa melihat cahaya super terang dari layar monitor, padahal itu akan mempercepat habis daya baterai. Lebih baik gunakan kontras normal selama pemakaian supaya tidak membuat perangkat cepat panas dan ujung-ujungnya kehabisan daya.

Isi Daya Baterai di Saat yang Tepat

Jangan tunggu sampai daya mencapai angka nol baru dilakukan charge, tapi ketika battery menunjukkan angka 30 persen segeralah isi supaya tidak terlalu drop dan membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan hingga angka 100 persen.

Gunakan Cooling Pad

Untuk pemakaian rutin tanpa jeda, ditambah pula aplikasi yang digunakan berat sehingga butuh daya ekstra biasanya akan menyebabkan laptop cepat panas. Jika dibiarkan bisa berdampak pada kondisi battery yang rentan bocor.

Sebelum itu terjadi, ada baiknya gunakan cooling pad atau kipas pendingin di bagian samping atau bawah perangkat. Fungsinya untuk membuat kondisi panas pada alat tersebut tetap stabil walaupun digunakan dalam waktu lama.

Beri Waktu Istirahat

Berilah waktu istirahat pada komputer jinjing, matikan ketika tidak digunakan supaya komponennya termasuk battery bisa awet dan tahan lama.

Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ketika banyak aplikasi aktif namun tak digunakan, akan memberatkan kinerja sistem. Ujung-ujungnya berimbas pada battery cepat habis. Oleh karena itu, jangan lupa mematikan aplikasi yang tidak digunakan.

Semoga informasi seputar bagaimana cara terbaik merawat baterai laptop di atas bisa menjadi pengingat bagi Anda. Terutama pengguna aktif laptop, agar lebih bijaksana memakai perangkat elektronik tersebut.