Inilah yang Membedakan Asuransi Hospital Cash Plan dengan Jenis Lainnya

April 2, 2022 By admin 0

Ketika berbicara mengenai asuransi, mungkin Anda kerap mendengar istilah asuransi online Hospital Cash Plan. Sesuai namanya, pada dasarnya jenis ini adalah sebuah perencanaan jangka panjang guna menangani biaya rumah sakit. Dengan demikian, apabila suatu saat terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti sakit dan harus mendapatkan penanganan serius, Anda tidak perlu khawatir mengenai dana.

Namun, banyak orang awam masih sulit membedakan antara asuransi tersebut dengan jenis lainnya. Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa perbedaannya. Harapannya, setelah menyimak pembahasan kali ini Anda bisa mendapatkan wawasan baru sehingga dapat menentukan langkah ke depannya lebih tepat lagi. Silakan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Pengertian Hospital Cash Plan (HCP)

Seperti telah disinggung di bagian sebelumnya, hospital cash plan merupakan perencanaan untuk biaya medis, khususnya biaya pengobatan rumah sakit. Perlindungan ini dimaksudkan agar pemilik tidak perlu memikirkan biaya apabila harus dirawat di rumah sakit. Jadi, bisa dikatakan perencanaan tersebut cukup penting dimiliki, apalagi jika sudah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa biaya pengobatan semakin lama semakin tinggi. Hal itu disebabkan karena alat-alat yang digunakan pun semakin canggih. Sayangnya, cukup banyak orang merasa terbebani ketika harus menjalani pengobatan. Bahkan, pada kasus tertentu mereka memutuskan menjual aset-aset berharga seperti perhiasan, kendaraan, hingga rumah. Tentu saja Anda tidak ingin mengalaminya juga bukan?

Manfaat HCP

Ada berbagai manfaat yang dapat dirasakan, salah satunya telah disebutkan di bagian sebelumnya, yakni menjamin pembiayaan medis ketika dalam keadaan darurat. Anda tidak perlu menjual aset berharga karena semuanya akan terbantu dengan adanya HCP. Sistem kerjanya adalah reimbursement, artinya biaya ditanggung pribadi terlebih dahulu kemudian ditanggung oleh agensi sesuai ketentuan.

Ketentuan atau perjanjian di sinilah yang mungkin sedikit membedakan dengan jenis asuransi lainnya. Jika menggunakan HCP, Anda bisa mengamankan hingga 60% dari total biaya medis. Angka tersebut tentu sangat membantu, apalagi jika total biaya mencapai puluhan juta. Mengenai perbedaan lengkapnya, silakan simak pada bagian berikutnya.

Perbedaan HCP dan Jenis Lainnya

Pembagian risiko ekonomi

Perbedaan pertama terletak pada sisi risiko ekonominya. Risiko ekonomi adalah konsekuensi ketika mengeluarkan sejumlah uang guna membayar seluruh tindakan medis seperti pengobatan atau rawat inap. Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, dengan HCP setidaknya Anda bisa mendistribusikan risiko tersebut hingga 60% kepada agensi penyedia. Artinya, cukup 40% saja yang harus dibayarkan.

Namun, keuntungan tersebut tentu memiliki konsekuensi tersendiri, salah satunya adalah premi yang cenderung lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Oleh karena itu, sebelum memilih sebaiknya pertimbangkan matang-matang terlebih dahulu apakah pembayaran premi akan membebani kondisi keuangan atau tidak. Jika iya, akan lebih baik memilih alternatif lain saja.

Metode pembayaran

Selanjutnya, dari metode pembayaran juga sedikit terdapat perbedaan. Pada jenis lainnya, biasanya sistem pembayaran yang digunakan akan mendistribusikan risiko ekonomi kepada anggota. Biasanya pembayaran ini berupa premi dan mengesampingkan biaya medis. Lain lagi dengan HCP, anggota dapat menghitung risiko pembiayaan serta memilih waktu pembayaran, apakah bulanan, tengah tahunan, ataupun tahunan.

Sistematika proses klaim

Terakhir adalah perbedaan dari sistematika proses klaim. HCP bisa diklaim setelah membayar seluruh biaya menggunakan dana pribadi. Kemudian, anggota diminta memberikan bukti pembayaran sebagai syarat klaim hingga 60% biaya tersebut. Apabila dihitung-hitung, hal itu memang lebih menguntungkan dibandingkan jenis lainnya yang mungkin hanya membiayai maksimal 50% saja.

Hospital Cash Plan dan Hospital Benefit

Meskipun dari segi nama hampir mirip, kedua istilah di atas ternyata mempunyai sedikit perbedaan. Secara umum, biaya tanggungan HCP dihitung dari seluruh pengeluaran mulai dari perawatan, ambulance, sampai benar-benar sembuh. Lain halnya dengan Hospital Benefit yang hanya membiayai salah satu dari biaya tersebut. Inilah sebabnya HCP lebih disukai dibandingkan lainnya.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai perbedaan asuransi online Hospital Cash Plan dengan jenis asuransi lainnya. Mengenai layanan HCP, ada banyak sekali agensi terpercaya, salah satunya adalah Roojai. Untuk melihat informasi lengkapnya, Anda bisa mengunjungi www.roojai.co.id.