Kenali Kriteria Kripto yang Legal di Indonesia

December 12, 2021 By admin 0

Investasi kripto atau disebut juga dengan istilah aset digital memang semakin digemari di Indonesia. Tapi ternyata, tidak semua aset tersebut bisa dijadikan pilihan investasi. Hanya tiga kriteria berikut, masuk dalam jenis kripto aman dan boleh jadi produk dagang. Apa saja kriterianya tersebut?

Dalam aturan Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 8 tahun 2021, tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset kripto (Crypto Asset). Disebutkan tentang bagaimana kriteria yang diperbolehkan, berikut ini penjelasan lengkapnya.

3 Kriteria Kripto Legal di Indonesia

Buat Anda yang baru akan memulai investasi menggiurkan, yang berpotensi didapat dari kripto. Pastikan pilihan aset pilihan Anda tersebut memenuhi kategori berikut ini.

Penilaian Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Dengan menggunakan metode ini, akan terlihat manfaat ekonomi bagi pengguna dan juga bisa membantu penumbuhan ekonomi secara digital. Selain itu, bisa juga terlihat bagaimana nilai dari market cap yang dihasilkan dari transaksi aset tersebut.

Metode ini juga digunakan dalam berbagai transaksi di bursa aset jenis crypto di berbagai negara lainnya.

Utility Crypto

Produk tersebut masuk dalam crypto backed asset atau aset yang didukung oleh kripto. Masalahnya, saat ini tidak semua aset yang beredar di crypto market masuk dalam daftar tersebut.

Distributed Ledger Technology

Menggunakan teknologi yang sudah banyak digunakan untuk investasi jenis virtual ini. Sehingga mudah diawasi dan dilihat perkembangannya, tentu dengan teknologi mutakhir pula.

Apa Manfaat Investasi Crypto?

Jika dilihat dari manfaatnya, investasi ini mampu memberikan high return, hal ini sudah terlihat pada perkembangan beberapa aset saat ini. Bahkan, bisa saja hanya dalam hitungan bulan saja nilainya bisa meningkat signifikan dari harga awalnya.

Manfaat selanjutnya, tergolong transparan dimana pergerakan bisa dilihat secara kasat mata. Sehingga para investor bisa melakukan berbagai gerakan tepat untuk menghindari kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

Transaksi dilakukan dengan sangat cepat, sebagai dampak penggunaan teknologi. Bahkan untuk satu transaksi terhitung bisa dilakukan dalam hitungan menit saja.

Tertarik untuk berinvestasi kripto? Jangan lupa untuk memastikan bahwa pilihan Anda masuk kategori diperbolehkan, supaya keuntungan bisa diperoleh tanpa kendala teknis dan administratif.