Review ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (M513), Laptop dengan Visual Tingkat Atas

April 23, 2022 By admin 0

Perkembangan dunia teknologi seperti tidak ada habisnya. Hampir setiap tahun pasti ada saja produk-produk diluncurkan oleh para produser terkemuka. Sebut saja ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (M513). Produk keluaran ASUS ini diluncurkan dengan mengadopsi teknologi layar OLED yang notabene masih jarang digunakan di laptop pada umumnya. Teknologi tersebut digadang-gadang mampu menghasilkan kualitas gambar jauh lebih baik.

Meskipun yang menjadi sorotan adalah kualitas visualnya, bukan berarti di aspek lain menjadi terlupakan. ASUS sepertinya tetap ingin memberikan yang terbaik kepada para pengguna setia sehingga tetap bisa menjalankan berbagai kegiatan berat. Jika Anda sedang mencari laptop sebagai teman kerja, maka silakan baca terlebih dahulu pembahasan dari turtransjawa.id berikut ini.

Review Lengkap ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (M513)

1. Prosesor

Prosesor memang menjadi aspek penting ketika memilih sebuah laptop. Pasalnya, tanpa prosesor mumpuni, mengerjakan berbagai pekerjaan akan terasa berat dan lemot. Namun, sepertinya hal tersebut tidak akan ditemui di VivoBook Ultra 15. Perangkat ini telah dibekali CPU AMD Ryzen 7 5700U dan mengadopsi konfigurasi 8 core sehingga siap melibas berbagai tugas berat.

Akan tetapi, satu hal yang mungkin cukup disayangkan adalah CPU tersebut masih belum ditemani GPU Discrete. Meski demikian, penggunaan GPU Radeon sudah cukup menggantikannya. Bahkan, tanpa adanya discrete GPU justru malah membuat hal positif, yakni suhu operasional menjadi lebih terjaga serta daya tahan baterai cenderung lebih lama.  Untuk sekadar game ringan menengah sepertinya bukan menjadi masalah berarti.

2. Fitur dan fasilitas pendukung

Setelah mempertimbangkan prosesor, barulah fitur dan fasilitas menjadi pertimbangan berikutnya. Fitur ini bertujuan agar pengguna bisa menjadi lebih produktif. Kabar baiknya, ASUS sepertinya memang menaruh perhatian pada hal tersebut. Penggunaan layar berukuran 15 inci adalah buktinya. Ukuran itu memang 1 inci lebih besar daripada laptop pada umumnya, namun masih terbilang cukup ringkas di bawa ke mana saja.

Selanjutnya, beratnya pun hanya berada di kisaran 1,8 kg saja dengan ketebalan 1,86 cm. Sebuah ukuran yang benar-benar diciptakan untuk pemilik mobilitas cukup tinggi. Mengenai fiturnya, VivoBook Ultra telah dilengkapi port USB, port HDMI, Bluetooth, Wifi, Card Reader, Audio Jack, serta baterai dengan daya tahan luar biasa. Dijamin semua pekerjaan akan terasa lebih mudah menggunakannya.

3. Display

Terakhir adalah bagian display yang menjadi titik fokus dari produk tersebut. Penggunaan layar berteknologi ASUS OLED tentu saja memberikan pengalaman visual lebih baik dibandingkan laptop pada umumnya. Pengguna sudah bisa merasakan resolusi layar full HD (1920×1080) sehingga sangat cocok dipakai menonton film, melakukan desain grafis sederhana, dan sebagainya. Namun, semua tidak berhenti pada itu saja.

Panel layar ASUS OLED memang memiliki kelebihan terkait kesehatan mata. Sudah mengantongi berbagai macam sertifikasi tentu membuat kualitas layar ini terasa lebih profesional. Pengguna tidak perlu takut terlalu lama memandang layar karena teknologi OLED telah mengurangi jumlah radiasi cahaya biru. Radiasi cahaya biru memang menjadi salah satu penyebab kenapa kerap terjadi kasus mata lelah atau minus.

Dalam hal produksi warna, VivoBook Ultra 15 juga mampu menghasilkan warna dengan sangat detail. Bahkan, laptop ini dapat menampilkan seluruh color space DCI-P3 hingga 100%. Artinya, cakupan warna jauh lebih luas dibandingkan laptop biasanya yang masih menggunakan color space sRGB. DCI-P3 ini merupakan color gamut standar perfilman sehingga menonton film akan terasa lebih detail.

Jadi, bisa dibilang ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (M513) ini memang sangat pantas untuk dimiliki. Terlebih lagi jika Anda merupakan orang yang sangat mementingkan kualitas visual untuk berbagai keperluan seperti desain atau multimedia.